Wonderful Kampar Kiri

Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu, memiliki Spot-spot wisata yang menarik baik itu wisata Budaya maupun wisata alamnya. untuk informasi tentang paket wisata bisa menghubungi admin RNA (Riau Nature Adventur) di No WhatsApp dengan Nuskan Syarif 085264595922

Rabu, 20 Maret 2019

WONDERFUL BATU SONGGAN VILLAGE

Tiga setengah jam perjalanan dari pekanbaru menuju Desa Gema di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, dari Desa Gema Perjalanan di lanjutkan dengan menggunakan perahu bermesin atau masyarakat lokal sering mengatakan Robin atau Jhonson, Robin adalah perahu mesin berukuran kecil dengan muatan 4 – 8 orang saja sedangkan jhonson perahu dengan sedikit lebih banyak muatan.

Dengan menggunakan perahu robbin, mulailah petualangan di mulai, membelah arus air yang jernih, kelokan sungai yang di kiri kanannya menyajikan pemandangan sangat luar biasa, tebing berhias dengan julang pepohonan, sesekali di pinggir sungai di selingi oleh tingkah kera ekor panjang macaca nemestrina alias cigak yang bekejaran kesana kemarin terkadang berjumpalitan dari dahan yang menjulur ke sungai dan byuuuur terkadang beberapa dari mereka menceburkan diri, terkadang ada pula yang sibuk bemesraan sambal melakukan pencarian kutu. Dan anak-anak mereka bermain bebas lepas tidak menghiraukan deru mesin robin yang menderu.

Dan bukan saja para kera ekor panjang ini yang membuat suasana menjadi bersahaja, lalu lalang masyarakat dari desa-desa di hulu sungai selalu bertemu dan berpapasan sambal melontarkan senyum ramah dan sesekali melambai sebagai ucapan selamat datang dan sambuatan ramah. Aaaaah… andai di kota sana keramahan tersaji seperti sepanjang perjalanan ini.


Songgan adalah sebuah kengerian yang menjadi tujuan perjalanan ku setiap aku rindu hutan dan keramahan masyarakatnya. Dan di Songgan hati ku tertambat erat di relung kehidupan masyarakat lokal yang ramah dan Julang pohon yang selalu memanggil ku lembut untuk kembali ke Songgan.

Aaah Songgan Kenapa Engkau menjadi pilihan ku, sedangkan banyak desa yang juga tak kalah indah. Yah di Songgan itu ada adek – adek yang luar biasa yang membangun Pokja Ekowisata secara mandiri, mereka lah yang membuat ku kembali dan kembali dan kembali dan kembali lagi ke Songgan.

Tak lama waktu yang di perlukan dalam mengarung dan membelah arus sungai menikmati liukan alirannya bak ular raksasa yang menyajikan jutaan bahkan milyaran puzzle keindahan alam yang di ciptakan sangat sempurna. Dan dengan Adat yang kuat masyarakat adatnya menjaga ke asrian dan kelestarian alamnya. Tak terbayangkan jika ini berada di hilir sana, julang pohonnya akan hilang dalam hitungan bulan saja, dan berganti dengan tumbuhan yang menyirip seragam dan kata orang tumbuhan mono kultur, yah kamu mungkin sudah tau apa itu. Namun di sini kamu akan di sajikan ribuan bahkan jutaan spesies tumbuhan yang berbeda. Yah ini lah yang namanya Hutan, kamu tahu kan hutan belantara.? Bukan berisi satu jenis tumbuhan saja bahkan di sana terdapat jutaan spesies penunjang yang namanya hutan, hahahaha aku ku malah sok menjadi seorang periset ulung.


Kenapa batu Songgan itu membuat kangen.? Yah karena suasana Desanya yang hmmmmmm Amazing, indah banget, TOP banget dah, apalagi di pagi harinya, perbukitan berbalut kabut putih yang berarak pelan merampat dan mendaki punggungan bukit yang terjal, gemuruh jeram di sungai yang terdengar dari camp pokja Ekowisata, kesejukan air sungainya, selain sejuk jernih pula, selain jernih banyak ikan yang bermain yang bisa di lihat langsung dengan mata telanjang.

Suara nyanyian ungko (hylobates Agilis) dan Siamang (Shimphalangus Syndactylus) memecah kesunyian pagi yang rasanya badan enggan beranjak dari dalam sleeping karena suhunya yang sejuk banget. Kekuatan melawan malas gerak dipagi hari itu sangat kuat Karen membayangkan berenang di air yang jernih dan sejuk itu sesuatu banget, lari dari camp Pokjak lalu byuuuuuurrrrrr nyebur kan badan di jernihnya sungai subayang.

Songgan adalah destinasi tujuan wisata yang sangat pantas bagi kalian yang berjiwa petualang, di Songgan ada banyak spot wisata yang bisa di kunjungi, mulai dari aktivitas masyarakat lokal, alam hingga air terjunnya, selain itu Pokja juga memberikan layanan yang pantas di perhitungkan bagi setiap pengunjung yang mengambil paket wisatanya, tantangan riak jeram air sungai subayang akan membangkitkan adrenalin
kita setelah berperahu motor dari gema, dengan menggunakan tubbing, kita bisa berhanyut menikmati sungai dan alam Kenegerian Batu Sanggan, jika ingin yang lebih seru lagi pokja ekowisata batu bolah memiliki sasana permainan air yaitu sky board, yang ini temen – teman menaiki board lalu akan di Tarik dengan perahu motor, naaah jika menggunakan permainan air ini, kita di butuhkan kosentrasi tinggi dan memegang kuat board yang kita tunggangi, jika kita memiliki keberanian untuk beratraksi maka kita bisa berdiri di atas board dan menikmati gelombang air dari perahu motor dan meliuk – liuk di atas jernihnya sungai subayang.


Jika ingin tracking, di Songgan ada jalur tracking menuju rumah pohon dan bendungan PLTMH (pembangkit Listrik Tenaga Mickro Hidro). Dari rumah pohon kita akan bisa menikmati hamparan bukit barisan yang menjulang dengan berselimut kabut pagi, melihat suasana Desa Batu Sanggan, liukan sungai subayang dan aktivitas masyarakat yang hilir mudik di sungai subayang, pokoknya ini Kenegerian yang sangat menakjubkan.
Pariwisata Batu Songgan terus berbenah, walau saat ini belum maksimal namun geliat ekowisata tetap terus berjalan. Ada beberapa paket wisata yang bisa di pilih oleh para wisatawan :
  1. Paket 2 hari 2 Malam Rp. 650.000,-/Orang minimal Peserta 6 Orang Akomodasi : Transportasi Air PP Gema - Songgan - Gema, Konsumsi selama di Songgan, Transpor lokal, Tubbing, Penginapan, Tiket. Dengan kegiatan : Tubbing, Tracking ke Hutan adat dan PLTMH, Tracking Kerumah pohon, Berkunjung Ke kampung melihat kegiatan ibu-ibu membuat kerajinan tangan, jika berkesempatan melihat proses membuat perahu (Pighau).
  2. Paket 2 Hari 1 Malam Rp. 450.000,-/perorang, minimal 6 orang. Akomodasi : Transportasi Air PP Gema - Songgan - Gema, Konsumsi selama di Songgan, Transpor lokal, Tubbing, Penginapan, Tiket. Dengan kegiatan : Tubbing, Tracking ke Hutan adat dan PLTMH, Tracking Kerumah pohon.
  3. One Day Rp. 250.000,- /orang minimal 8 orang. Akomodasi : Transportasi Air PP Gema - Songgan - Gema, Konsumsi selama di Songgan, Transpor lokal, Tubbing, Penginapan, Tiket. Dengan kegiatan : Tubbing,  Tracking Kerumah pohon. Untuk Informasi Paket Wisata adap Menghubungi Nuskan di WhatsAap 085264595922.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman