Wonderful Kampar Kiri

Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu, memiliki Spot-spot wisata yang menarik baik itu wisata Budaya maupun wisata alamnya. untuk informasi tentang paket wisata bisa menghubungi admin RNA (Riau Nature Adventur) di No WhatsApp dengan Nuskan Syarif 085264595922

Senin, 12 Maret 2018

Mo Ka Songgan, Berwisata dan Edukasi Anak

Riau memiliki banyak objek wisata alam yang baru dikenalkan ataupun terkenal saat ini, namun sebenarnya Riau memiliki Banyak Objek wisata alam yang sangat menakjubkan, desa-desa yang eksotis yang berada di jantung hutan alam yang kurang terekspos ke dunia luar. Saat ini Dengan gencarnya Dinas Pariwisata Riau dalam mengembangkan Pariwisata Daerah menjadikan Desa-desa yang dulunya tidak banyak dikenal khalayak ramai menjadi viral dan terkenal. salah satunya adalah Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu. 
Jika Kampar Kiri menjadi Penyanggah dan Pintu masuk wisata alam, Maka Kampar Kiri Hulu adalah Jantung dari ke eksotisan alam yang begitu menawan. Kampar Kiri Hulu yang terdiri dari 24 desa dan memiliki dua jalur menuju desa-desanya, pertama jalur sungai yang mana dua sungai pula yang bisa di jelajahi dan membawa kita ke desa-desa di jantung hutan, dan satu jalan darat ke 7 desa lainnya. sebelum membahas Desa yang Eksotis dengan banyak Tempat yang indah kita ulas terlebih dahulu tentang jalur sungai yang menuju desa-desa yang berada di
jantung Hutan Bernama Bukit Rimbang Bukit Baling yang mana hutan Rimbang Baling ini berupa Suaka Marga Satwa. nah dua sungai yang bisa kita susuri ini bernama, Pertama Sungai Subayang dan Sungai Bio, Sungai Subayang Membelah Hutan Alam SM Rimbang Baling dengan 8 desa yang berada di sungai Subayang, dan soal desa-desa yang dilalui Sungai Subayang ini adalah :
  1. Desa Gema     : Desa Gema Merupakan Pintu   Gerbang untuk menuju desa-desa di sepanjang Sungai Subayang dan Batang Bio, dan dari Gema ini pulalah kita menggunakan Sampan Motor atau sering di bilang Robin dan Jhonson,
  2. Desa Tanjung Belit     : Desa Tanjung Belit merupakan Desa kedua setelah gema, untuk menuju desa ini dapat di lalui dengan menggunakan dua jalur yaitu darat dan sungai, di desa Tanjung Belit ini kita di suguhkan keindahan alam dan disini juga terdapat objek wisata air terjun bernama Air terjun batu dinding.
  3. Desa Muaro Bio    : Desa Muaro Bio ini merupakan desa yang berada didalam Kenegerian Batu Songgan yang mana didalam Kenegerian Batu songgan terdapat dua desa yaitu desa Muaro Bio dan Desa Batu songgan. Desa Muaro Bio dapat di tempuh dengan menggukan perahu motor Robin atapun Jhonson dengan jarak tempuh sekitar 15 menit perjalanan. di desa ini kita disajikan oleh keasrian alami dan keramahan penduduknya dan di desa ini kita bisa menikmati gugusan bukit barisan yang mana desa ini berada di dalam kawasan Suaka Alam Bukit Rimbang Bukit Baling yang sudah terkenal dengan segala keindahan alam dan satwanya.
  4. Desa Batu Songgan   : Desa Desa Batu Songgan merupakan desa yang berada dalam Kekhalifahan Batu songgan yang mana kekhalifahan batu songgan terdiri dari 6 Kenegerian dan alah satunya adalah Kenegerian Batu songgan, seperti yang di ulas di atas tadi desa Batu Songgan ini juga memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan sejarah Adatnya yang begitu kuat. 
  5. Desa Tanjung Beringin   : Desa Tanjung Beringin adalah desa Ke Lima yang berada di sungai subayang dan desa Tanjung Beringin berada didalam Kenegerian Miring yang saat ini berganti nama dengan Kenegerian Malako Kociak sejak dilantiknya kembali raja Gunung Shalian Desa Tanjung Beringin juga tidak kalah indahnya sepanjang perjalanan menuju desa ini kita akan di sajikan jeram-jeram kecil yang membuat adrenalin bergelolara. 
  6. Desa Gajah Bertalut     : Desa Gajah Bertalut Berada di dalam Kenegerian Gajah Bertalut yang mana  desa ini tidak kalah indahnya dengan desa-desa yang telah kita ulas. 
  7. Desa Aur Kuning        : Desa Aur Kuning berada didalam Kenegerian Aur Kuning dan desa ini Aur Kuning ini di apit oleh dua sungai salah satunya adalah sungai Subyang dan sungai biaweik.
  8. Desa Terusan               : Desa Terusan Berada di Kengerian Terusan  Ke khalifahan Batu Songgan, Kecamatan Kapar Kiri Hulu. dan Desa Terusan Berada di Hulu Sungai Subayang setelah Desa Aur Kuning.
  9. Desa Subayang Jaya dan Desa Pangkalan Serai : Kedua Desa ini berada dalam satu Kenegerian yaitu Kenegerian Pangkapan Serai Kecamatan Kamapr Kiri Hulu dan berada di Ujung hulu sungai subayang.

semua desa-desa yang berada di batang subayang transportasi yang di gunakan adalah transportasi sungai berupa perahu robin dan jhonson.

Saat ini Desa Batu Sanggan telah memulai pengelolaan Ekowisata yang ada dan telah memiliki paket Perjalanan menuju Desa Sanggan.
saat ini Desa Sanggan menuju desa wisata, dan harapan ninik mamak dan datu Khalifah Batu Sanggan kedua desa yaitu Desa Batu Sanggan dan Muaro Bio di satukan dlaam pengelolaan ekowisata berbasis lingkungan dan masyarakat.

Batu Sanggan sudah memiliki spot dan objek wisata yaitu berupa rumah pohon, tracking ke air terjun batu bolah, tracking ke desa, tracking ke bendungan pembangkit listrik mikro hidro, tubbing, sky water, dan  perahu karet.
setiap wisatawan yang mengunjungi desa Batu Sanggan akan di guide oleh team pokja, dan jika mengambil paket perjalanan wisatawan akan di jemput di gema dengan menggunakan perahu masyarakat dengan di lengkapi life jacket. 

setiap wisatawan yang membawa anak kecil berumur 4 - 12 tahun akan mendapat kawalan khusus dari tim pokja. 

Pokja Ekowisata Batu Bolah menyajikan paket perjalanan :

1. Perjalanan 1 hari 2 malam
Biaya Per Orang Rp. 350.000,- minimal team terdiri dari 6 orang
dengan Akomodasi : 
- Transport PP Gema - Sanggan -  Gema
- Konsumsi selama di Sanggan
- Guide
- Tiketing
- Snack
- Penginapan 
- Tubbing/perahu karet

2. Paket Perjalanan one day
Biaya Perjalanan Rp. 1.000.000,- per team terdiri 6 orang dewasa.

- Transport PP Gema - Sanggan -  Gema
- Konsumsi selama di Sanggan
- Guide
- Tiketing
- Snack
- Tubbing/perahu karet

3. Paket Perjalanan Keluarga one day

Rp. 800.000,-
terdiri dari 2 orang tua, 3 anak usia 4 s/d 14 tahun
- Transport PP Gema - Sanggan -  Gema
- Konsumsi selama di Sanggan
- Guide
- Tiketing
- Snack
- Tubbing/perahu karet


4. Paket Khusus

a. Paket Nembak Malam
minimal 6 orang
Rp. 3.000.000,-/ 6 orang

- Transport PP Gema - Sanggan -  Gema
- Konsumsi selama di Sanggan
- Guide
- Tiketing
- Snack
- Penginapan 
- Tubbing/perahu karet
Paket nembak malam ini di khususkan karena membutuhkan waktu yang tepat yaitu di saat air sungai surut dan jernih, dengan personil Team pokja yang langsung turun tangan untuk membawa wisatawan berwisata malam dengan nembak malam.

di Pokja Ekowisata Batu Bolah Tersediam Camp yang bisa menampung +/- 40 orang untuk menginap dan Desa Batu Sanggan juga menyediakan penginapan di rumah warga.

untuk penginapan di rumah warga, wisatawan akan di kenakan biaya di luar paket sebesar Rp. 100.000,-/ wisatawan /malam, dengan akomodasi 1xmakan dan 1x sarapan.


saat ini Pokja terus melibatkan masyarakat dalam pengelolaan ekowisata di Batu Sanggan. saat ini souvenir anyaman pandan dan rotan. selain itu juga membuat souvenir dari bahan kayu dan batu.
dengan kunjungan wisatawan ke Desa Batu Sanggan, wisatawan telah banyak memberikan kontribusi baik langsung maupun tidak langsung kepada perekonomian masyarakat.

untuk kedepannya Pokja Akan berkola Borasi dengan Ninik Mamak dalam Pengelolaan wisata Adat dan budaya. salah satunya mendapatkan izin wisata mancing di lubung larangan yang akan di sepakati antara ninik mamak, masyarakat dan Pokja Ekowisata Batu Bolah.

Pokja Ekowisata Batu Bolah telah menerapkan penyambutan tamu wisata, saat ini Pokja menyambut wisatawan perempuan dengan memakaikan kain samping atau sarung sebagai tanda pernghormatan dan persahabatan serta kekeluargaan.

kuliner di Sanggan sangat beragam, mulai dari snack berupa kinjam yang berasal ubi rebus di padu dengan gula merah, hingga ke sambal bakacau.
nah mengenai sambal bekacau ini wisatawan bisa inden terlebih dahulu jenis ikan apa yang mau, penulis menyarakan untuk memesan ikan sungai subayang karena rasanya akan membuat wisatawan tidak akan melupakan, selain itu juga ada Pongek ikan selimang, tidak kalah enaknya dengan sambal bekacau ikan subayang, pongek ikan salimang juga sangat menggiurkan.
untuk informasi wisata di Batu Sanggan bisa menghubung Pengurus Pokja Ekowisata langsung di Desa Batu Sanggan, atau contack person di :

1. Afliyon : 0853-7658-1113
atau dengan
Nuskan Syarif di WA 0852-6459-5922
IG : Ninoeschan.jungle
FB. di Nuskan.jungle
#mokasonggan
mo ka Songgan
Berwisata, beredukasi dan menikmati alam Bukit Barisan Rimbang Baling.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman