Wonderful Kampar Kiri

Kampar Kiri dan Kampar Kiri Hulu, memiliki Spot-spot wisata yang menarik baik itu wisata Budaya maupun wisata alamnya. untuk informasi tentang paket wisata bisa menghubungi admin RNA (Riau Nature Adventur) di No WhatsApp dengan Nuskan Syarif 085264595922

Jumat, 06 Oktober 2017

Budidaya trigona Riau

Riau memiliki sisa hutan yang sangat indah.  Kampar kiri Hulu merupakan salah satu kawasan yang memiliki hutan yang masih alami dan juga menjadi hutan cagar alam.
Kekayaan alam hutan Kampar kiri juga beragam. Salah satunya adalah trigona atau keluar atau Klanceng atau galo-galo. Saat ini Kampar kiri telah mencoba membudidayakan trigona dengan sistem melibatkan masyarakat desa.  Dan saat ini Risbe (Riau Stingless  Bee)  telah membimbing  masyarakat desa sekitar 5 desa.  Dari kelima desa ini total sarang budidaya berjumlah  sekitar 800 sarang diluar kegagalan teknis lapangan.
Di Kampar kiri saat ini telah terdaftar sekitar 13 jenis trigona.  Salah satunya adalah Heterotrigona Italia,  Geniotrigona Thoracica,  lepidotrigona terminal,  dll.

Desa-desa yang telah melakukan budidaya trigona di Kampar kiri adalah Lipatkain,  Gunung sari,  Padang Sawah,  Gema,  Padang Tengah,  pulau penting,  kotor Lamo.  Dan akhir tahun ini akan dikembangkan di Desa desa Kampar Kiri Hulu.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman