From Nature to human

From Nature to human
Kekayaan Alam yang melimpah berada dipenghujung punah dan bencana ekologi tiada bisa dihentikan, berilah ruang untuk kehidupan rimba untuk berinteraksi di rumahnya, dan stop penghancuran hutan alam

Jumat, 23 Desember 2016

KEKAYAAN HAYATI KAMPAR KIRI

Kampar Kiri nemiliki beraneka ragam kekayaan hayati yang wajib di lindungi, dan dengan menjaga kelestarian hutan alamnya maka terjaga pula kekayaan hayati yang berada didalamnya. Kampar Kiri memiliki Hutan Alami yang masih sangat asri dengan aliran sungai-sungai yang jernih berjeram kecil dan sedang. Di kiri kanan nya kita dapat menikmati pemandangan yang luar biasa menakjubkan, selain itu kehidupan masyarakat desa sepanjang aliran sungainya pun sangat menarik untuk di ketahui.

Saat ini kampar kiri bagian hulu sudah banyak didatangi oleh berbagai macam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Baik itu lokal maupun internasional, baik yang melakukan riset ataupun yang mmengangkat soal pariwisatanya. Dan dengan banyaknya yang masuk ke Kampar Kiri Hulu mwnjadikan Kampar kiri terkenal di Indonesia maupun Internasional. Nah dengan itu juga ada dampak baik dan buruknya. Baik terhadap masyarakat maupun terhadap alamnya. Kita tidak membahas masalah itu saat ini.
Dengan keragaman hayati yang sangat sangat sangat kaya Kampar Kiri Hulu seharusnya menjadi contoh daerah lain. Nah untuk menjadi contoh itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
1. Tetap melibatkan seuruh lapisan masyarakat dalam menjaga keleatarian hutan. Dan masyarakat sudah melakukan itu sejak dulu turun temurun.
2. Libatkanlah masyarakat desa seluruhnya dalam perencanaan pengelolaan pariwisata desa. Jangan cuma kelompok2 saja
3. Libatkanlah seluruh masyarakat dalam pengeloaan hasil hutan bukan kayu secara lestari dan jangan menggurui mereka dengan memaksakan sistem atau pola yang asing bagi mereka.
4. Terbukalah pada masyarakat tentang program apa yang mau di sodorkan pada desa. Ingat libatkan seluruh lapisan masyarakatnya.
Dan masih banyak lagi. Nah jika itu terpernuhi maka kekayaan hayati bisa lestari dan masyarakat bisa memghasilkan dari apa yang dioperasikan dalam program.

Haduuuh kok jadi kemana-mana yah pembahasannya.
Tapi ini wajib dilakukan oleh lembaga2 tersebut. Selain itu buatlqh terobosan nyata pembangunan pertanian tepat guna. Ingat jika masyarakat makmur maka yel yel perlundungan akan berjalan lancar.

Ok kembali lagi ke kayaan hayati KAMPAR KIRI HULU weeeew pake huruf besar chiiing. Yah kenapa kampar kiri Hulu. Karena seluruh Kecamatan di riau kampar kiri hulu lah yang memiliki hutan yang berkategori 99,9999999% alami alias perawan ting ting bro. Dan jutaan bahkan miyaran kekayaan hayati tersimpan baik didalamnya cieeeeeeeh tersimpan baik ching.
Yah tersimpan baik dan masyarakat adat tiap2 desa menjaga dengan bijaksana. Nah kamu-kamu mungkin mengira kekayaan hayati itu cuma harimau, rusa,tapir,beruang,tapir,primata saja kan...?? Nga ching kekayaam hayati itu numplek jadi satu mulai dari jasad renik pembangun lantai hutan sampai pada para geng binatang dan pohonnya. Jadi semua wajib lindung.

Naaaah buat kamu2 yang hobby jelajah masih suka menyampah.....? Jika masih elu elu memberi dampak buruk terhadap semua lini kehidupan liar. Kenapa demikian....?
Karena sampah elu elu pada bukan bagian dari natural HUTAN.  Nah jika elu suka nyampah itu sampah bakalan menjadi multi masalah bagi kekayaan hati itu.

Nah kamu masih nga ngerti kan kenapa sampah membuat masalah bagi keasrian dan berubahnya pola makan para penghuni hutan itu.....?
Gini aja dah yang gampang. Misalkan elu itu seorang vegetarian, pola makan elu pada kan sesuai standar para vegetarian. Lalu gua paksa elu makan makanan yang bukan masuk kedalam menu vegetarian elu. Lantas gua terus maksain elu makan itu , naaah apa rasanya elu di gituin...? Elu tau....? Naaaaah para penghuni hutan juga gitu ama sampah2 elu yang elu buang, sisa makanan elu buang sembarangan akan merubah pola dan prilaku para penghuni hutan.

Naaah elu udah ngertikan....? Kalo belum nanti kita runut lagi masalah ini ok.
Jadi menjaga kekayaan hayati adalah wajib dan memasyarakatkan masyatakat penyanggah hutan jauh wajib karena jika masyarakat desa sejahterah maka hutan akan tetap lestari.

Sampai jumpa ya di sambungan cuap cuip nya.

Tidak ada komentar: