From Nature to human

From Nature to human
Kekayaan Alam yang melimpah berada dipenghujung punah dan bencana ekologi tiada bisa dihentikan, berilah ruang untuk kehidupan rimba untuk berinteraksi di rumahnya, dan stop penghancuran hutan alam

Rabu, 12 Februari 2014

CUTI CUTI RIAU (BERWISATA ALAM DI RIAU)

Kali ini masih membasah tentang keindahan hutan belantara dan keajaibannya yang sangat tidak habis untuk di ceritakan, mulai dari aliran sungai didalamnya, pepohonan, akar yang menjulur, satwa besar hingga kecil, primata, hewan melata, bunga, rerumputan, pokoknya penghuni belantara itu tidak bisa di hentikan menjadi imajinasi cerita mengangkat mereka menjadi sebuah tulisan yang walau kurang menarik. 
     Hutan Riau seperti yang telah kita ketahui setiap hari terus berkurang luasannya baik hutan primernya maupun hutan skundernya, perubahan hutan alam menjadi kawasan HTI ( Hutan Tanaman Industri ), perkebunan kelapa sawit dan perkebunan karet masyarakat sangat memberikan kontribusi banyaknya kehilangan jenis kekayaan hayati. 
saya rasa tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menjejakkan kakinya di serasah hutan yang sanat mepuk dan sangat asik di jadikan alas tidur tanpa matras, dan saya rasa tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berkunjung kebelantara yang menakjubkan. 
                  Jika anda belum pernah menjejakkan kaki di rimbunnya belantara dan diatas serasah hutan, di beberapa kawasan di Riau masih menyajikan hutan alam yang walau bukan perawan lagi, namun sangat indah dan banyak menyajikan keindahan panorama dan kayanya sungai-sungai yang mengalir jernih. selain itu jika kita jeli maka akan menjumpai banyak kekayaan hayati yang berada di sepanjang perjalanan kita menuju tempat-tempat tersebut. 
Beberapa daerah yang berhutan yang ada di Riau yang terdekat dengan Kota pekanbaru adalah : Tanjung belit dengan hutan perawannya sepanjang sungai subayang, Kuok dengan hutan cagar alamnya, Lipatkain dengan beberapa titik yang masih sedikit asri dengan tegakan hutan dengan kimiringan diatas 60 derajad, Rokan hulu dengan keindahan aek martuahnya walau saat ini sepanjang perjalannya hutan di kiri kanan nya sudah meulai digerus, Kuantan sengingi dengan kawasan wisata alamnya berupa air terjun guruh gemurai yang terdapat 7 tingkat, Rengat atau Kabupaten Inhu dengan taman nasional bukit tiga puluhnya, Pelalawan dengan taman nasional tesso nilo nya, Indragiri hilir dengan keindahan pantai solopnya, Bengkali dengan pantai-pantai di utaranya, Kepulauan meranti dengan keindahan pantainya, rupat dengan pantai terindahnya, dan Siak dengan beberapa spot cagar alam yang berupa lahan rawa gambutnya yang indah dengan danau yang sangat indah yang bernama danau zambrutnya.
    Untuk kawasan yang terdekat dengan pekanbaru adalah tanjung belit dengan air terjun Batu dindingnya, Lipatkain dengan air terjun Koboko dan hutan resapan bendungan lipatkain, dan kuok dengan hutan cagar alamnya, tempat tersebut mudah untuk diakses dangan tidak terlalu memakan waktu. dengan jarak yang dekat dan panorama yang disajika sangat indah, dengan menggunakan perahu motor atau berjalan kaki menuju objek wisata alam berupa air terjun dan sungai subayang yang jernih membuat perasaan menjadi tenang dan adrenalin terpacu karena menaiki perahu motor yang kecil dengan ketinggian muka perahu dengan muka air hampir sama namun tenang keadaan ini dan kondisi perahu motor akan mengambang kokoh diatas air asalkan kita tenang dan tiadak membuat gerakan yang banyak maka kita akan aman dan nyaman. 
tarif yang ditawarkan untuk menggunakan perahu motor ini juga bervariasi mulai Rp.200.000,- sekali perjalanan dekat s/d jutaan untuk perjalanan jauh. namun mahalnya tarif itu tidak akan membuat kita merasa rugi karena panorama yang di sajikan membuat kita lupa dengan kemahalan uang tarif yang kita keluarkan. so keindahan akan didapat dengan perjalanan menggunakan perahu motor. Gema, Tanjung Belit, dan desa-desa yang berada di hulu sungai subayang menyajikan keindahan panorama alamnya sepanjang perjalanan. selain itu pulau-pulau yang ada di sepanjang sungai juga bisa untuk di jadikan tempat campground keluarga. untuk yang gemar melakukan fotografi di kawasan ini bisa menjadi tempat yang menarik dengan objek bidik yang sangat banyak. Selain itu bagi yang suka mengamati dan meneliti di kawasan ini juga cocok untuk melakukan dua kegiatan tersebut.
         Namun yang perlu di ingatkan bagi pengunjung adalah bersahabatlah dengan alam, dengan mengurangi sikap tidak peduli akan kebersihan dan jangan membuang sampah berbahan plastik semabarangan karena akan banyak merugikan ekologis suatu kawasan. dengan memiliki prilaku bersahabat dengan alam maka kita telah memberikan kontribusi menjaga alam dengan hal yang kecil. 
        perjalanan menuju daerah wisata alam di daerah ini bisa di lakukan dengan dua jenis perjalanan antara lain darat dan air, seperti yang dijelaskan diatas kedua perjalanan ini akan sangat mengasikan, karena dalam perjalanan akan disajikan keindahan alam dan track pejalan kaki melalui pinggiran sungai dengan perkebunan karet mendominasi sebelum jalur hutan alam. 
  Air sungai yang jernih, nuansa pedesaan yang alami, dan panorama yang indah menjadikan sebuah nuansa damai dan tentram menyeruak disaat kita duduk di pasir sungai yang putih kekuningan, dengan menikmati gemericik air yang mengalir di sungai subayang dan di pagi hari kita di suguhi oleh nyanyian para primata dari jenis hylobates dan siamang yang saling bersahutan.

       1.       PAKET KELUARGA 2 Orang Tua dan 4 orang Anak

        a.        FASILITAS A Rp 3.000.000,00
        b.       FASILITAS B Rp. 2.500.000,00
        c.        FASILITAS C Rp. 2.000.000,00

       2.      
PAKET 2 ORANG TUA DAN 2 ORANG ANAK
        a.        FASILITAS A Rp. 2.500.000,00
        b.       FASILITAS B Rp. 2.200.000,00
        c.        FASILITAS C Rp. 2.000.000,00

     2.       PAKET PASANGAN (SUAMI-ISTRI) (Rp 2.500.000,00)



                                                       3.       PAKET UMUM (MIN 6 ORANG)
a                                                                                  a.        FASILITAS A Rp. 3.000.000,00
b                                                                                  b.       FASILITAS B Rp. 2.500.000,00
                                                                                    c.        FASILITAS C Rp. 2.000.000,00



                                                                        4.       PAKET PERUSAHAAN/KANTOR (MIN 12 ORANG)
                                                                                    a.        FASILITAS A Rp. 8.000.000,00
                                                                                    b.      
FASILITAS B Rp. 6.800.000,00
                                                                            c.        FASILITAS C Rp. 4.500.000,00


untuk informasi bisa menghubungi kami di Basecamp Green camper 
Jl. Tengku Bey / Utama Ujung, Sungai Mintan
Cp : 1. NUSKAN SYARIF : 085264595922/085658232343  2. SAID MUHAMMAD QADRY 08566736772   3. RANI 081268541221

Tidak ada komentar: